Wednesday, July 15, 2009

keracunan Vitamin

ini adalah kejadian yang ingin saya ceritakan kepada kalian dimana kejadian ini merupakan pengalaman pribadi namun dalam cerita ini saya tidak akan menyebutkan merek makanan, minuman, obat ataupun nama orang namun saya hanya menuliskannya dengan inisial saja ya. saya tidak mau dituntut dan di masukkan kepenjara karena hal sepele seperti menyebutkann nama merek suatu produk.

baiklah saya akan memulai cerita ini dari awal.

Tanggal 14 juli 2009
Hari ini adalah hari dimana saya harus menjalankan tes disuatu kampus yang bernuansa Islami dan terletak di Jakarta Selatan. saya terbangun pukul 05.00WIB lalu mengecek sms dan twitter di telefon genggam saya dan lalu bergegas keluar kamar. kebiasaan saya setiap bangun pagi adalah minum air putih dan lalu minum vitamin EC dan kebetulan sekali vitamin tersebut sedang habis dan akhirnya saya melihat-lihat dikotak obat untuk mencari vitamin yang ada, dan ternyata saya menemukan vitamin ZG di dalam kotak obat. karena berfikir itu adalah multivitamin juga maka saya minumlah obat tersebut. awalnya tidak terasa apa-apa. setelah minum vitamin ZG tersebut saya bergegas mandi dan bersiap-siap untuk berangkat ke kampus itu. namun ketika saya sudah dimobil dan sudah berjalan hampir mendekati kampus tersebut, tiba-tiba perut saya terasa sakit lalu rasa mual pun muncul. tadinya saya berpikir untuk kembali kerumah namun tanggung sekali ya sudah mau samapai lagipula memang saya tes di kampus tersebut untuk mengejar cita-cita saya menjadi dokter(promosi).

Akhirnya saya tetap mengikuti tes hingga usai namun pada saat saya mengerjakan soal kepala saya terasa pusing dan rasa mual pun tetap muncul. akhirnya pulang tes saya beistirahat saja dirumah dan memang benar-benar badan saya terasa sangat tidak enak(mulai dari pusing, mual, sampai diare mulai datang). beberapa teman saya menyarankan saya agar pergi kedokter namun saya masih belum mau karena saya berpikir itu masuk angin dan hanya demam biasa.

Semakin malam kepala saya makin pusing dan badan mulai panas. akhirnya saya bergegas untuk minum obat dan obat yang saya minum itu adalah obat flu, batuk, demam. setelah minum obat saya bergegas tidur namun tidur pun terasa tidak enak. rasanya gelisah sekali.

Tanggal 15 juli 2009
Keesokan harinya(hari ini) saya bangun dengan pandangan agak kabur dan masih sedikit pusing namun sudah lebih fresh dibandingkan tadi malam. Hari ini adalah hari kedua tes dan hari ini adalah hari yang penting. saya bersyukur karena sudah mulai sehatan dan dapat menjalankan tes serta rangakaian kegiatan hari ini.

kesimpulan yang dapat saya tarik dalam kejadian kali ini adalah :
-jangan sembarangan dalam minum vitamin/ obat apapun.
-jangan pernah lupa melihar tanggal expired suatu produk apapun
-jangan mencoba suatu produk yang tidak biasa anda coba. apalagi produk baru
-ketika sakit mulai berlanjut hubungi dokter karena saya baru tahu keracunan
vitamin/obat ternyata sangat berbahaya sekali.

ini merupakan pelajaran bagi saya agar lebih berhati-hati dalam mengonsumsi produk-produk yang ada namun saya ssekarang memutuskan untuk berhenti menggunakan multivitamin yang ada dan mulai berpaling kepada buah-buahan yang kaya akan vitamin


Ricky Hardianto Purnama, Jakarta 15 juli 2009

No comments: