Saturday, August 15, 2009

kemerdekaan Indonesia

sebentar lagi tanggal 17 agustus berarti sebentar lagi pula kita akan memperingati hari besar bagi bangsa Indonesia yaitu hari kemerdekaan. 17 Agustus memiliki makna penting bagi rakyat Indonesia karena hari itulah dikumandangkannya proklamasi yang memiliki makna bahwa kami bangsa Indonesia terlepas dari segala penderitaan dan mulai menata negara kami sendiri.

kini negara kita telah sampai pada tahun ke 64 dalam hal kemerdekaan namun sangat disayangkan bahwa diusia 64 tahun ini masih banyak penderitaan yang masih dirasakan banyak rakyat Indonesia. Semoga saja secepatnya penderitaan tersebut dapat terhapus dan segenap rakyat Indonesia dapat melihat hasil kerja keras pemerintah yang akan menjabat periode 2009-2014.

Rasa nasionalisme pun kini menjadi salah satu masalah yang ada dalam realita kehidupan masyarakat Indonesia. Rasa nasionalisme yang harusnya dengan bangga dan bergelora dikobarkan kini tidak nampak dibanyak hal dalam masyarakat. contohnya saja banyak dari masyarakat kita yang melupakan isi teks berikut ini :

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta
ini merupakan salah satu yang terpenting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia namun mengapa rakyat seolah menganggap ini hanyalah kata-kata biasa. mungkin kurangnya penanaman rasa nasionalisme dari dari dalam maupun luar diri yang menyebabkan semua ini terjadi.
oleh karena itu saya mengajak segenap rakyat Indonesia untuk terus meningkatkan rasa nasionalisme dalam diri kita agar kita tidak dipandang miring lagi oleh negara lain. promosikan negara kita di kalangan manca negara juga dapat menjadi salah satu cara kita untuk mempertahankan rasa nasionalisme dalam diri kita

jakarta, 15 Agustus 2009 Ricky Hardianto Purnama

No comments: