Thursday, December 3, 2009

semua manusia butuh kritik

kritik merupakan salah satu yang membuat seseorang melakukan perubahan dalam hidupnya, kritik juga bisa menjadikan kita semakin kuat dalam menjalani kehidupan. cacian termasuk dalam kritik namun itu termasuk kritik yang tak seharusnya diberikan tapi tahukah kalian semua bahwa ketika kita di kritik yang tidak mengenakan maka kitapun akan semakin kuat dalam menanggapi hal layaknya itu.
biasanya ya kalo ada seseorang yang mengkritik orang lain dengan kritikan pedas atau bahkan cacian maka gue percaya bahwa orang tersebut tidak lebih baik dari orang yang dikritiknya tersebut, karena memang manusia itu tidak ada yang sempurna jadi seburuk apapun dia janganlah kita lontarkan kata-kata yang membuatnya sakit hati.
namun berhubungan dengan hal diatas, manusia itu membutuhkan kritik kok dalam hidupnya karena itu juga sebagai alat ukur dirinya apakah dia telah melakukan hal yang sesuai norma kehidupan apa malah melanggar norma-norma tersebut, tapi yang seperti gue bilang diatas bahwa manusia itu ga ada yang sempurna jadinya janganlah mencaci dengan sesuka mulut anda karena takut ada yang tersakiti.
buat anda yang dikritik buruk bahkan dicaci bersabarlah karena saya yakin itu akan membuat anda semakin kuat.

3 desember 2009 Ricky Hardianto Purnama jakarta

No comments: